Syafabwi: Cara Mengatasi Abu Vulkanik

Friday 10 July 2015

Cara Mengatasi Abu Vulkanik

gunung raung

Abu vulkanik gunung raung sudah sampai didaerah-daerah Kabupaten Banyuwangi, Di beberapa Kecamatan Rogojampi dan sekitarnya, dan di daerah Kecamatan lain.
Semoga cuma Abunya saja yang sampai,,, dan semoga dalam beberapa waktu tekahir ini gunung raung tidak mengeluarkan abu dan semoga tidak terjadi letusan, Aamin.

Cara Mengatasi Abu Vulkanik

1. Jangan panik, tetaplah tenang.
Kepanikan tak pernah menjadi solusi ketika terjadi bencana. Ketika seseorang panik, keputusan yang dia ambil bisa salah. Ketika abu vulkanik datang, Anda sebaiknya bersikap tenang dalam mengambil langkah terbaik untuk menghadapinya.

2. Tetaplah di dalam ruangan.
Abu vulkanik yang terhirup bisa membahayakan pernapasan Anda. Anda sangat tidak disarankan berada di luar ruangan karena akan membuat Anda semakin banyak menghirup abu itu. Jika terpaksa berada di luar ruangan, Anda sebaiknya segera mencari tempat perlindungan, seperti gedung atau mobil.

3. Gunakanlah masker.
Aktivitas Anda tetap bisa berjalan, tapi Anda harus mengenakan alat penutup mulut dan hidung serta sarung tangan dan jas hujan. Dengan mulut dan hidung tertutup, Anda lebih sedikit menghirup abu vulkanik. Adapun sarung tangan dan jas hujan sangat penting, terutama bagi Anda yang punya alergi.

4. Pantaulah radio lokal, media online, atau media sosial
Jika tempat tinggal Anda berada di dekat lokasi letusan, Anda harus mengetahui setiap perkembangan terkini dari kondisi gunung berapi itu. Adapun jika tempat bermukim Anda jauh, setidaknya pastikan bahwa dampak letusan tidak akan menjangkau permukiman Anda. Kabar terkini bisa dipantau lewat radio lokal, media online, atau media sosial.

5. Jangan pakai lensa kontak.
Penggunaan lensa kontak saat abu vulkanik turun sangat tidak disarankan. Lensa kontak yang kotor oleh abu vulkanik justru bisa merusak korena mata.

6. Jangan langsung minum air yang terkontaminasi.
Air yang terkontaminasi abu vulkanik jangan langsung dikonsumi. Endapkan dahulu air itu. Lalu, konsumsilah air setelah memastikan tidak ada endapan abu di dalamnya. Bila jumlah abu vulkanik di dalam air tergolong banyak, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsinya. Sebab, air yang terkontaminasi bisa menimbulkan penyakit di kemudian hari.

7. Bila tak ada masker, pakai sapu tangan, kain atau baju lain yang bisa menyaring partikel abu. Untuk menambah efektivitasnya dapat membasahi kain dengan memakai air.

8. Pakai kacamata serta melepas lensa kontak yang membuat perlindungan mata dari iritasi.

9. Upayakan selalu untuk memakai pakaian lengan panjang serta juga celana panjang bila mau keluar rumah atau bersihkan abu.

Demikian beberapa tips mengatasi masalah kesehatan akibat bahaya hujan abu vulkanik. Tetap jaga diri dan keluarga agar senantiasa sehat tanpa ada masalah yang timbul akibat hujan abu vulkanik yang terjadi hari ini.

Semoaga kita selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin

dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mengunjungi Blog saya, jangan lupa Like, Share, dan Komen

Ads Inside Post