Syafabwi: Benarkah Terong Dapat Menyebabkan Lemah Syahwat dan Impotensi ?

Tuesday 24 February 2015

Benarkah Terong Dapat Menyebabkan Lemah Syahwat dan Impotensi ?

Ada pengalaman menarik mengenai terong (terung) ini. Ketika saya nyantri, kami (para santri) seringkali dibuatkan menu masakan terong. Itu dilakukan oleh pihak pesantren karena terong diyakini dapat meredam gejolak nafsu syahwat kami yang menggelora. Berhasilkah? Allahu a’lam, yang pasti, tidak ada perbedaan yang mencolok saat sebelum dan sesudah memakan terong. Seperti yang Anda tahu, efek yang paling terasa adalah rasa kenyang :).
Apakah terong memang dapat menurunkan nafsu syahwat? Lebih jauh lagi, apakah terong menyebabkan impotnesi, lemah syahwat, dan gangguan kejantanan lainnya?
HANYA MITOS
Ternyata semua anggapan itu SALAH. Menurut Dr. Waluyo Soerjodibroto, Ph.D., DSG, ahli gizi dari UI., tidak ada bukti, memakan terong akan menurunkan kemampuan seks pria.
“EFEK SAMPING” Terong yang Sebenarnya
1. Menurunkan Kolesterol
Lanjut Dr. Waluyo, terong yang memiliki zat tertentu, dapat menurunkan kolesterol. Artinya, memakan terong secara bersamaan dengan makanan berkolesterol, malah membuat kolesterol dalam makanan itu menurun. Tetapi, itupun bila terong disajikan dengan cara direbus atau kukus. Karena terong yang diberi bumbu yang dimasak dengan menggoreng, apalagi dimasak dengan santan, maka hilang semua khasiatnya, Yang ada hanya rasa nikmat di lidah.
2. Mencegah Kanker
Terong dapat mencegah kanker, tapi kebanyakan makan terong pun akan mematikan sel-sel, hingga menimbulkan kanker. Tapi orang juga tidak akan makan sebanyak-banyaknya, kata Waluyo.Bahkan, miskinnya sumber kalori pada terong: enerji 17.4 kal, 1.2 gr protein, lemak 0.2 gr, kolesterol 0.0 mg, vitamin (A, B1, B2, B6 dan C) antara 0.0 mg hingga 2.8 mg serta potassium 187.0 mg dan kandungan air 92.5 gr, ternyata membuat terong bisa dipakai untuk memelihara kelangsingan tubuh, mengendalikan stres, karena kandungan senyawa solanin yang dalam jumlah tertentu, bisa mengendurkan urat-urat saraf atau mempertahankan darah agar tidak naik-turun secara drastis.
mitos terong impotensi
Terong gelatik atau leunca berbentuk bulat kecil-kecil, dipercaya memiliki khasiat untuk berbagai penyakit. Sama halnya dengan terong sayur berwarna ungu yang mudah ditemui, memiliki sejumlah manfaat. Terong yang tergolong dalam tumbuhan jenis solanacea ini, getahnya dapat sebagai obat kutilan (penyakit kulit)
4. Penurun Darah Tinggi
Rebusan air daun dari terong jenis ini juga dapat melancarkan buang air kecil, menyembuhkan sakit perut, batuk, dan mampu pula menurunkan tekanan darah tinggi serta bermanfaat mengurangi jumlah sel darah putih dalam tubuh.
5. Mengurangi Serangan Reumatik
Di Nigeria, buah terong mendapat tempat yang cukup baik di masyarakat. Khasiat lain dari sayur terong yang sering dilalap ini, adalah sebagai zat antirematik. Pengobatan tradisional di Nigeria percaya, bahwa terong dapat menyembuhkan atau setidaknya mengurangi serangan rematik tertentu.
6. Mengurangi Rasa Sakit
Di Korea terong dikenal punya keajaiban untuk mengobati beberapa gangguan kesehatan Sayuran yang telah dikeringkan, termasuk buahnya, bisa dikonsumsi untuk mengobati sakit pinggang, encok, pinggang terasa kaku, dan nyeri lainnya.
7. Obat Campak dan Cacar
Secara empiris sayuran ini bahkan mampu meng obati campak atau cacar air, ketergantungan alkohol, gastritis, dan bekas luka bakar.Fungsi lain dari terong adalah sebagai obat anti-kejang yang relatif sulit diketahui dengan pasti kapan terjadi serangannya. Selain itu, di Nigeria, terong juga dipercaya sebagai obat untuk meredam penyakit gugup. Manfaat pengusir kepanikan ini, telah dibuktikan secara ilmiah terhadap marmut dengan menggunakan sari terong mentah.
8. Penghambat Sawan dan Gugup
Terong yang mengandung striknin dan skopolamin, juga skopoletin dan skoparon, berfungsi sebagai penghambat serangan sawan dan gugup. Jadi jelaslah sudah bahwa terong dapat mengobati penyakit epilepsi.
9. Menghalangi Pembentukan Radikal Bebas

Menurut penelitian, nasuin dari kulit terong bekerja sebagai antioksidan yang menghalangi pembentukan radikal bebas, sehingga membantu melindungi kerusakan sel membran dan menurunkan LDL kolesterol.
10. Menyehatkan Jantung
Terong dapat menurunkan tingkat kolesterol dan juga membantu menstabilkan tingkat tekanan darah. Hal ini pada gilirannya akan menurunkan risiko penyakit jantung. Tubuh juga terus terhidrasi dengan baik berkat kandungan kalium dalam sayuran ini. Hal ini memastikan bahwa tidak ada retensi cairan yang mencegah penyakit jantung koroner.
11. Membantu Otak
Terong mengandung fitonutrien yang menjaga membran sel yang melindungi dari segala bentuk kerusakan. Memfasilitasi transfer pesan dari satu bagian ke bagian lain, sehingga melestarikan fungsi memori.
12. Menurunkan Berat Badan
Terong dianggap mengandung kadar air yang tinggi namun rendah kalori. Hal ini membuat terong sangat ideal sebagai makanan sehat bagi orang-orang yang ingin mengurangi berat badan. Tekstur sayuran yang kenyal adalah karakteristik seperti ini adalah salah satu makanan harus dimakan dalam bentuk mentah sebanyak mungkin
13. Membantu pencernaan
Menjaga sistem pencernaan yang tetap sehat terdapat pada terong karena kandungan serat yang baik. Hal ini akan mencegah sembelit dan resiko kanker usus besar juga dapat dihilangkan.
14. Mengontrol Kadar Gula Darah
Terong adalah sumber yang sangat kaya serat dan karbohidrat larut yang rendah. Jadi terong sangat bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah dan mengontrol penyerapan glukosa. Terong merupakan pilihan makanan terbaik bagi orang yang menderita diabetes tipe 2.
15. Kulit bersinar
Terong mengandung kadar air dalam jumlah yang tinggi. Hal ini akan membantu tubuh dan menjaga tubuh dan kulit terhidrasi dengan baik. Mineral dan vitamin juga membantu memberikan kulit yang baik.
16. Melembabkan Kulit Kepala
Terong mengandung sejumlah mineral dan vitamin yang baik untuk memberikan nutrisi bagi kulit kepala untuk tetap sehat. Hal ini akan menghindari sejumlah masalah yang terkait terhadap kesehatan kulit kepala.
Sumber : Berbagai sumber

3 comments:

Terimakasih sudah mengunjungi Blog saya, jangan lupa Like, Share, dan Komen

Ads Inside Post