Syafabwi: Ciri-ciri Orang Munafik

Sunday 18 October 2015

Ciri-ciri Orang Munafik


Dalam kehidupan sehari-hari kita sendiri tidak pernah luput dari kemunafikan. Hampir sering kali kita mendengar seseorang yang berkata atau mengungkapkan kemarahannya bila seseorang itu telah disakiti, misalnya 'kamu itu munafik' 'dasar manusia munafik' dll. Tidak jarang pula orang yang berkata 'munafik' tapi tidak tahu apa arti munafik itu.

A. PENGERTIAN MUNAFIK
Secara bahasa, kata Munafik berasal dari kata Nafaqa (نَفَقَ), Nifaqon (نِفَاقًا) yang mengandung arti Mengadakan, mengambil bagian dalam, membicarakan sesuatu yang dalam pandangan keagamaan. Pengakuannya dari satu orang berbeda-beda dengan yang lainnya. Adapun dalam pengertian syara’, Munafik adalah orang yang lahirnya beriman padahal hatinya kufur.


B. CIRI-CIRI ORANG MUNAFIK
Ciri-ciri orang munafik sangat banyak tersebut didalam al Qur’an, dan Rasulullah SAW juga menyebutkan sebagian diantaranya guna memperingatkan umatnya dari ciri-ciri tersebut, jangan sampai mereka terjatuh kedalamnya sehingga mereka akhirnya menjadi mirip seperti mereka. Padahal sungguh Nabi Sallallahu ‘alaihi wassalam telah menyatakan bahwa barangsiapa yang menyerupai suatu kaum maka dia termasuk dari kaum tersebut.

Berdasarkan hadits, Nabi Muhammad mengatakan: Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga, yaitu:
1. Apabila berkata maka dia akan berkata bohong / dusta.
2. Jika membuat suatu janji atau kesepakatan dia akan mengingkari janjinya.
3. Bila diberi kepercayaan / amanat maka dia akan mengkhianatinya.
Untuk disebut sebagai orang munafik sejati sepertinya harus memenuhi semua ketiga persyaratan di atas yaitu pembohong, penghianat dan pengingkar janji. Jika baru sebatas satu atau dua ciri saja mungkin belum menjadi munafik tapi baru camuna / calon munafik.

1. Berbohong
Bohong adalah mengatakan sesuatu yang tidak benar kepada orang lain. Jadi apabila kita tidak jujur kepada orang lain maka kita bisa menjadi orang yang munafik. Contoh bohong dalam kehidupan keseharian kita yaitu seperti menerima telepon dan mengatakan bahwa orang yang dituju tidak ada tetapi pada kenyataannya orang itu ada. Contoh lainnya seperti ada anak ditanya dari mana oleh orang tuanya dan anak kecil itu mengatakan tempat yang tidak habis dikunjunginya.

2. Ingkar janji
Seseorang terkadang suka membuat suatu perjanjian atau kesepakatan dengan orang lain. Apabila orang itu tidak mengikuti janji yang telah disepakati maka orang itu berarti telah ingkat janji. Contohnya seperti janjian ketemu sama pacar di warung kebab bang piih tetapi tidak datang karena lebih mementingkan bisnis. Misal lainnya yaitu seperti para siswa yang telah menyepakati janji siswa namun tidak dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab.

3. Berhianat
Khianat mungkin yang paling berat kelasnya dibandingkan dengan sifat tukang bohong dan tukang ingkar janji. Khianat hukumannya bisa dijauhi atau dikucilkan serta tidak akan mendapatkan kepercayaan orang lagi bahkan bisa dihukum penjara dan denda secara pidana. Contoh seperti seorang pasangan suami/istri atau masih dalam pacaran, berhianat atau menghianati pasangannya dengan cara selingkuh. Dengan adanya sosial media yang begitu populer sekarang ini, banyak orang yang menyalah gunakan Sosial Media dijadikan Tempat Perselingkuhan.

BERHENTILAH JADI ORANG MUNAFIK SEKARANG JUGA 'REMEMBER'

C. HADITS TENTANG CIRI-CIRI ORANG MUNAFIK

Hadits 1
Artinya :
“Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga, yaitu jika berbicara ia berbohong, jika berjanji ia ingkar dan jika dipercaya ia berkhianat”. (HR. Bukhori).
Inti Kandungan Hadits
Sifat munafik adalah penyakit berbahaya yang dapat mengancam kehidupan masyarakat, karena orang-orang munafik pada dasarnya adalah orang-orang yang ingkar kepada Alllah, Rasulnya serta ajarannya.

Orang-orang munafik biasanya kalau berbicara selalu tidak sesuai dengan kenyataannya, apabila ia memiliki janji, tidak pernah ditepati, dan apabila ia mendapatkan amanah, ia tidak pernah menjalankan amanah tersebut dengan baik dan Allah sangat murka terhadap orang-orang yang seperti itu.

Hadits 2
Artinya :
“Ada 4 sifat barang siapa yang memilikinya maka sungguh ia seorang munafik sejati, dan barang siapa yang memiliki 1 sifat diantara semua sifat-sifat itu, sungguh ia sedang berjalan menuju kearah munafik sampai ia meninggalkannya.
Apabila dipercaya ia khianat, apabila berbicara ia berdusta, apabila berjanji ia ingkar, apabila bekerjasama ia curang.”


Adapun balasan bagi orang-orang munafik terdapat di QS At-taubah : 68, QS An-Nisa’ : 138 dan 147. Pada ayat tersebut djelaskan bahwa kelak di alam kubur, orang-orang yang memiliki sifat munafik akan disiksa sesuai dengan apa yang dia perbuat.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mengunjungi Blog saya, jangan lupa Like, Share, dan Komen

Ads Inside Post