Syafabwi: Manfaat dan kandungan Daun (muda) Jambu Biji

Monday 23 February 2015

Manfaat dan kandungan Daun (muda) Jambu Biji

Manfaat Daun Jambu Biji,- Kita mengenal jambu biji sebagai salah satu jenis buah yang mudah didapatkan. Keberadaannya memang melimpah terutama di Negara tropis macam Indonesia. Tanaman jambu biji ini bisa dengan mudahnya tumbuh di mana saja. Dengan demikian, jangan heran jika ia sering dijumpai tumbuh subur di tempat liar tanpa perawatan sekalipun. Rasa buah ini cukup nikmat dan banyak digemari anak-anak. Di pedesaan, pohon jambu biji sangat populer di kalangan anak-anak dan sering dijadikan area bermain sambil menikmati buahnya. Konsumsi buah jambu biji akan memberikan seseorang manfaat ganda. Selain nikmat di lidah, ia juga sehat bagi tubuh. Tak hanya itu, sesungguhnya bagian lain tanaman jambu biji juga memiliki beragam khasiat. Bagian tersebut adalah daun jambu biji. Jangan Anggap ia sekedar daun, sebab ia sesungguhnya adalah obat yang mujarab dan tentu murah.
Jambu biji memiliki daun yang mengandung tanin yang bersifat astringent, bermanfaat sebagai antidiare. Selain itu juga mengurangi kontraksi usus sehingga menghentikan diare. Kandungan lainnya adalah minyak atsiri yang antara lain zat avikularin dan guaijaverin yang sifatnya antibakteri.
Daun jambu biji (Psidii folium) berasal dari tanaman Psidii guajava L. (fam. Myrtaceae). Kandungan senyawa kimia pada daun tersebut meliputi alkohol, aldehida, hidrokarbon alifatik, alkohol aromatik, kadalena, kalsium, karbohidrat, beta kariofilena, kasuarinin, klorofil A, klorofil B, sineol, tanin terkondensasi, asam krategolat, asam 2-alfa-3-beta-dihidroksi-olean-12en28-oat, asam 2-alfa-3 beta-dihidroksiurs- 12en28-oat, minyak atsiri, galiotanin, 4-gentiobiosida asam elagat, guajaverin, asam guajavolat, guavin A, guavin B, guavin C, guavin D, tanin yang dapat terhidrolisis, asam 2-alfa-hidroksi ursolat, unsur anorganik, isostriktinin, leukosianidin, limonena, D-limonena, DLlimonena, lutein, asam mastinat, monoterpenoid, neo-beta-karotena U, nerolidol, asam oleanolat, asam oksalat, pedunkulagin, pigmen, kalium, asam psidiolat, kuersetin, sesquiguavaena, sesquiterpenoid, beta-sitosterol, stakiurin, striknin, telimagrandin I, triterpenoid, asam ursolat.
Jambu biji sangat tinggi kandungan vitamin C. Dari segi kandungan vitamin C-nya, vitamin C dari buah jambu biji putih sekitar 116-190mg, sedangkan pada jambu biji merah adalah 87mg per 100 gram jambu. Menurut Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang berguna untuk melawan serangan radikal bebas penyebab penuaan dini dan berbagai jenis kanker.
Berikut Adalah Beberapa Manfaat Daun Jambu Biji Sebagai Media Pengobatan Herbal Dan Cara Meramunya :
1. Mengobati Diare
Ambil 6 helai daun jambu klutuk, dicuci bersih lalu ditumbuk sambil diberi 1 cangkir air matang. Peras. Airnya diminum. Ramuan ini cukup untuk diminum 2 kali sehari.
2. Mengobati Sakit maag
Ambil 8 helai daun jambu klutuk, dicuci bersih. Rebus dengan 1,5 l air. Air rebusan ini untuk diminum 3 kali sehari.
3. Obat Luka
3 pucuk daun jambu klutuk dicuci lalu dikunyah sampai lumat. Tempelkan lumatan tersebut pada luka. Kandungan astringent pada jambu klutuk mampu menghentikan perdarahan.
4. Obat Sariawan
Segenggam daun jambu klutuk dan 1 jari kulit batang daun jambu klutuk dicuci, lalu direbus dengan 1 l air. Saring. Tunggu agak dingin baru diminum sekaligus.
5. Mengobati Keputihan
2 genggam daun muda jambu klutuk dan 7 helai daun sirih dicuci, direbus dengan segelas air. Saring. Tunggu agak dingin baru diminum. Ramuan ini cukup untuk 2 kali sehari.
6. Mengobati Perut kembung pada anak
3 helai daun jambu klutuk, 2 cm kulit batang pulasari, 5 buah adas direbus dengan 1,5 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Diminum 3 kali sehari. Anak di bawah 3 tahun 1 sendok makan, di atas 3 tahun 2 sendok makan.
7. Mengobati Sakit kulit
Segenggam daun muda jambu klutuk, 7 kuntum bunga jambu klutuk dicuci, dilumatkan sampai halus. Gosokkan pada kulit yang sakit.
8. Mengobati Diabetes
1 buah jambu klutuk yang setengah masak dicuci, dibelah-belah, lalu direbus dengan 1 l air. Air rebusannya untuk diminum 2 kali sehari.
9. Mengobati Beser (sering buang air kecil)
3 pucuk daun jambu klutuk dicuci, dilalap dengan sedikit garam dan sedikit merica, dimakan setiap siang dan malam selama 2 hari.
Itulah informasi seputar Manfaat Daun Jambu Biji Sebagai Media Pengobatan. Semoga saja informasi yang saya sampaikan ini dapat membantu anda dalam segala hal.
Kandungan Daun Jambu Biji
Adapun kandungan gizi pada jambu biji dapat dilihat dalam tabel berikut:
Sumber : Berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mengunjungi Blog saya, jangan lupa Like, Share, dan Komen

Ads Inside Post