Syafabwi: Tip dan Trik Mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM)

Saturday 25 July 2015

Tip dan Trik Mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM)

tip dan trik



Banyak dari kita menyepelekan beberapa hal saat mengisi ulang bahan bakar kendaraan kita. Kita sering menganggap bahwa pengisian ulang bensin yang dilakukan kapanpun sepanjang hari adalah sama saja. Padahal tidak. Pemilihan timing waktu Anda mengisi bensin bisa jadi sangat berpengaruh terhadap kualitas dan kejernihan bensin yang Anda beli. Saat pagi hari buta, atau larut lewat tengah malam adalah waktu terbaik mengisi ulang, karena kondisi bensin di waktu itu bisa jadi lebih jernih dari kotoran daripada waktu-waktu lain. Kualitas dari bahan bakar bensin sangat mempengaruhi kondisi mesin, karena mau tidak mau, semua bahan bakar jelas harus kontak dengan mesin untuk selanjutnya dilakukan pembakaran. Bensin dengan kondisi kotor tentu kurang baik untuk kesehatan motor. Meskipun Anda membeli bahan bakar bensin tersebut di pom-pom bensin resmi sekalipun. Mengapa bisa demikian? cermati beberapa hal berikut ini,


1. kita mengenali pom bensin yang akan kita kunjungi, track recordnya bagaimana? keluhan pembeli yang pernah membeli disana apa saja...misalnya bensinnya gak sesuai dengan yang dibeli, hindari SPBU yang telah memiliki reputasi buruk.
2. kita harus dengan jelas mengucapkan akan membeli berapa, itu akan membuat penjaga mengerti dan tidak meremehkan kita
3. konsentrasi saat pengisian, terlebih jika penjaga tidak pernah mereset digital ukurnya menjadi nol (0)
4. setelah selesai pengisian, baru kita konsentrasi pada uang yang kita bayarkan,,,hehehe agar tidak kurang kembaliannya mas bro..
5. yang tidak kalah penting jika anda membeli bensin kebetulan memakai sepeda motor bebek kamu disuruh maju ke depan,,saat itu kamu jangan maju. majukan motor kamu saja, kamu tetap dibelakang...eits jangan dilepas lho sepedanya nanti dimarahi sama petugasnya hehehe. majukan motor kamu, pegangi dari belakang. biarkan penjaga SPBU konsentrasi mengisi BBM di motor kamu, jaga posisimu dibelakang tubuh pengisi bensin. Hal ini akan membuat pengisi bensin leluasa dalam mengisi dan kamu bisa melihat dengan jelas digital meter yang tertera pada SPBU itu, pengisi bensin pun akan menganggap kamu melihat meter ukur meskipun km sebenarnya tidak melihatnya :) hehehe,,,ganti menipu


6. Pertimbangkan untuk mengisi bensin di kala pagi buta atau lewat malam hari.
Saat siang hari yang mulai terik, suhu bumi mulai memanas, terjadi aliran konveksi pada simpanan deposit bensin di dalam tangkinya. Ketika terjadi pergantian dari pagi ke siang inilah, bensin akan mulai meningkat suhunya sesuai dengan meningkatnya suhu tanah di sekitar tempat ia disimpan. Dengan begitu maka terjadi aliran konveksi sebagaimana saat Anda merebus air. Kotoran yang sebelumnya telah mengendap di bagian bawah tangki deposit mulai terangkat naik, dan partikel ini dapat serta merta terhisap oleh mesin penyedot ketika Anda membeli bensin ketika hari beranjak siang tersebut. Jelaslah bahwa partikel ini dapat mengotori karburasi Anda. Maka dari itu, pertimbangkan untuk mengisi ulang bensin di pom-pom bensin di waktu pagi hari buta, atau telah lewat larut malam.
7. Hindarilah mengisi ulang bensin di saat pom bensin sedang dilakukan pengisian ulang.
Aliran dari bensin yang sedang digelontorkan ke dalam tempat penyimpanan deposit serta merta dapat membuat kotoran-kotoran yang telah mengendap sebelumnya di dasar tangki mulai memburai. Sangat besar kemungkinan kotoran ini ikut terhisap saat Anda mengisi ulang bensin di waktu ini.
8. Kita mendapatkan keuntungan saat membeli bensin di kala suhu rendah.
Di waktu suhu dingin, densitas dari bensin berada pada kondisi yang paling tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi partikel bensin berada dalam kondisi yang paling rapat, dan tentunya akan memuai saat suhu mulai beranjak naik. Maka dalam takaran volume yang sama, Anda dapat memperoleh volume bensin yang lebih banyak daripada ketika anda membelinya saat suhu dingin. Dua liter bensin di saat suhu rendah jelas lebih banyak daripada dua liter bensin yang dibeli ketika suhu tinggi.
9. Suhu terendah bumi adalah pukul 02.30 WIB.
Pada saat siang hari, tanah di sekitar tempat penyimpanan menyerap panas dan akan tetap menyimpannya bahkan hingga malam hari dan kemudian melepasnya berangsur-angsur sehingga menurun suhunya hingga sekitar pukul setengah tiga pagi benar-benar tidak ada panas yang tersimpan di dalam tanah. Pada saat itu juga tidak dijumpai hembusan angin, dikarenakan tidak adanya perbedaan suhu di permukaan bumi, begitu pula di dalam tangki deposit penyimpanan bensin. Maka dari itulah, mengisi ulang bensin di pom-pom bensin pada jam-jam ini sangatlah tepat. Mari kita pertimbangkan kembali kapankah waktu terbaik untuk mengisi bensin. Ini bukan berarti keharusan untuk mengisi ulang bensin kendaraan kita di waktu lewat larut malam atau di saat pagi buta. Tetapi alangkah baiknya bilamana kita memiliki cukup waktu luang, ambil saja waktu-waktu di atas sebab pasti jelas lebih baik untuk kesehatan motor kita daripada di waktu-waktu yang lain.
10. LEBIH BAIK ISI DI POM BENSIN PERTAMINA KODE 31 atau (Angka Kedua 1)
Kepala 3 berarti SPBU berdomisili di Jakarta Jawa Barat, Banten dan sekitarnya. Kalau kepala 5 kayaknya Surabaya.
Digit kedua, jika angka 1 berarti kepemilikan Pertamina sendiri. Sedangkan angka 4 berarti kepemilikan swasta atau dealer. Jadi yang penting angka keduanya 1, tidak masalah berapapun angka pertamanya karena itu kode wilayah .

Karena, sebenarnya ada tiga kategori SPBU. Pertama COCO alias corporate owner corporate operate, CODO yakni corporate owner dealer operate. Terakhir DODO, dealer owner dealer operate. Ini berdasar pada situs spbu.pertamina.com
Karena dikendalikan oleh pertamina, maka kualitas SPBU model COCO dan CODO diyakini lebih baik dibanding DODO. Tanpa bermaksud menyamaratakan, di sisi bisnis bisa dimengerti, karena ingin cepat balik modal, pengusaha jadi berlaku curang. kalo saya sih nyaranin ngisi bensin sebaiknya di SPBU yang milik Pertamina (angka keduanya 1) karena quality control-nya cukup bagus..
saya denger2 juga dari supir taksi dan orang2 yang telah pengalaman ngecek pas ngisi bensin katanya yang kode 31 (Angka Kedua 1)takarannya sesuai sedangkan yang 34 agak berbeda meskipun punya tanda "PASTI PAS".
Menurut banyak orang juga kode pertamina 31 (Angka Kedua 1) ternyata paling baik (kualitas bensin) dibanding dengan yang kode 34.

Semoga Bermanfaat.

Sumber: Berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mengunjungi Blog saya, jangan lupa Like, Share, dan Komen

Ads Inside Post