Syafabwi: Bahaya Kebiasaan Menahan Buang Air Kecil

Saturday 7 February 2015

Bahaya Kebiasaan Menahan Buang Air Kecil

Berapa lama kalian menahan Kencing ??
Ini akibatnya jika terlalu lama menahan Kencing ,,,
Di tengah kesibukan, kita sering menahan untuk tidak berkemih dengan alasan ‘tanggung’ atau menahan pipis karena toilet kotor. Sebaiknya jangan biasakan menahan kencing karena bisa menyebabkan infeksi.
Menurut dr. Sudung O.Pardede, Sp.A(K), saat menahan kencing, air yang seharusnya keluar akan ditampung di kandung kemih. Dalam kandung kemih terdapat otot-otot yang menahan air. Sehingga saat dia terisi oleh air, ia akan memberikan sensasi ingin berkemih kalau sudah penuh.
"Sekali dua kali menahan masih biasa. Tapi, kalau ditahan secara terus menerus air yang seharusnya keluar dan air dari atas yang selalu masuk, maka air yang terdapat di kandung kemih akan naik ke atas kembali menuju ginjal. Ini berbahaya karena urin mengandung bakteri,” katanya dalam acara media edukasi Hidrasi Sehat pada Anak di Jakarta.
Bakteri yang masuk ke ginjal ini bisa menyebabkan infeksi, bahkan gagal ginjal.
Kandung kemih yang sehat mampu menjaga keadaan saluran kencing dengan mengeluarkan urin secara teratur dan bebas bakteri. Terkadang, jika kita menahan berkemih terlalu lama saat dikeluarkan urin jadi sedikit jumlahnya, bahkan disertai nyeri dan ngilu. Awam menyebut kondisi itu dengan anyang-anyangan.
"Anyang-anyangan bisa disebabkan oleh dua hal, karena dehidrasi dan juga karena infeksi saluran kemih. Jika anyang-anyangan hilang setelah minum, maka itu tak jadi masalah. Tapi bisa juga yang disebabkan oleh bakteri," katanya.
Bakteri penyebab infeksi saluran kencing adalah bakteri yang berasal dari rektum atau anus yang dengan leluasa berpindah ke uretra. Wanita lebih rentan mengalami infeksi ini karena secara anatomis uretra wanita lebih pendek.
Oleh sebab itu wanita harus ekstra menjaga kebersihan organ kewanitaannya. Jika tidak, akan menjadi lahan subur bagi kuman dan bakteri.
Penyakit Akibat Menahan Kencing
Ada beberapa jenis penyakit yang bisa ditimbulkan oleh karena seseorang seringkali menahan pipis atau buang air kecil. Dan diantaranya adalah :
Infeksi Ginjal.
Tempat menampung air seni atau urine adalah ginjal. Ketika ginjal telah penuh dengan air kencing dan tidak segera dikeluarkan maka hal ini akan bisa berdampak infeksi pada ginjal. Apalagi bila menahannya adalah berjam-jam lamanya. Karena kuman suka akan hal ini maka akan menimbulkan penyakit infeksi ginjal itu sendiri bila dibiarkan berlarut-larut dan lama mengendap pada ginjal itu sendiri.
Infeksi Saluran Kemih.
Selain bisa berdampak kurang baik dan kurang sehat pada ginjal, kebiasaan menahan kencing juga bisa mempengaruhi saluran kencing itu sendiri. Saat urin akan melewati saluran kemih maka sasaluran yang di laluinya akan berurutan sebagaimana posisi dari atas ke bawah, ginjal, ureter, vesika urinaria ( kantung kemih) dan uretra.
Seperti yang kita ketahui fungis ginjal adalah menyaring sisa metabolisme saluran darah, mengatur keseimbangan dan membentuk pembentukan hormon. Biasanya sakit yang timbul dari penderita penyakit ini ada di daerah atas tulang kemaluan, bagian bawah perut dalam dunia medis disebut dengan ‘regio hypogastrica.
Jika kita merasa sakit dibawah perut (anyang-anyangan) yang kita rasakan seperti ingin buang air kecil, tetapi tidak lancar dan hanya sedikit. Perlu di curigai penyakit infeksi saluran kemih. Apalagi jika berdasarkan pemeriksaan dokter dan hasil laboratoriunm pada urin ditemukan kadar leukosit yang tinggi dalam urin melebihi batas normal yaitu diantara 4.1-10.9 dengan satuan 109/L. Bisa di diagnosa terjangkir infeksi saluran kemih.
Tanda Gejala infeksi saluran kemih memiliki gejala tertentu seperti halnya nyeri pada perut bagian bawah, muncul rasa perih saat buang air kecil, dan frekuensi buang air kecil juga menjadi lebih sering namun dengan volume yang sedikit. Jika sudah memiliki gejala seperti ini, segera periksa ke dokter sebelum muncul demam dan nyeri di daerah pinggang.
Gagal Ginjal.
Berikut penuturan dr Chaidir A Mochtar, PhD, SpU seperti yang dilansir detikhealth.com bahwa "Jika dibiarkan terus-menerus, keseringan menahan buang air kecil juga bisa berpengaruh pada kesehatan ginjal. Menahan buang air kecil berarti meningkatkan tekanan pada ginjal, mengakibatkan produksi ginjal menurun dan menjadi bengkak. Dalam hal ini ginjal tak dapat berfungsi semaksimal mungkin dan disebut sebagai gagal ginjal".
Batu Ginjal.
Sering menahan kencing akan bisa berakibat pada timbulnya batu ginjal. Batu ginjal adalah batu yang bisa terbentuk dari sisa sisa kotoran yang sedianya harus segera dibuang melalui urin. Kandungan garam dan sisa mineral lain bisa mengendap dan menggumpal didalam ginjal, jika tak segera dikeluarkan.
Batu ginjal yang tak segera dioperasi dapat berlanjut menyebabkan luka pada dinding ginjal. Karena adanya luka dan banyaknya bakteri dalam urin, infeksi sudah pasti akan terjadi.
Berbagai Sumber.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mengunjungi Blog saya, jangan lupa Like, Share, dan Komen

Ads Inside Post