Syafabwi: Efek samping duduk terlalu lama dan Tips menguranginya

Tuesday 3 March 2015

Efek samping duduk terlalu lama dan Tips menguranginya

Duduk merupakan salah satu kebiasaan manusia, banyak kegiatan dan aktivitas yang dilakukan dengan posisi duduk. Terutama bagi mereka yang mempunyai aktivitas pekerjaan; terlalu lama duduk menurut sejumlah pengamat, dan pakar kesehatan ternyata mampu memberikan efek negatif, terutama bagi kesehatan.
Berikut beberapa hal yang disebabkan akibat terlalu lama duduk:
Menyebabkan Obseitas
Tidak banyak gerak, berlama-lama duduk, menurut sejumlah pakar gizi dapat menyebabkan obesitas, atau kerap disebut dengan penyakit kegemukan. Dalam beberapa jurnal kesehatan, disebutkan bahwa duduklah dengan porsi yang cukup, yakni maksimal 1,5 jam dan kemudian diselingi dengan waktu berdiri atau bergerak yang agak lama.
Menyebabkan resiko penyakit Jantung
Temuan mengejutkan terjadi di negara Australia. Disebutkan dalam suatu keterangan, sekitar 46% orang yang banyak duduk dapat mengakibatkan risiko penyakit jantung, dan umunya di derita oleh orang yang sehari-hari hanya duduk diam menonton tv atau di depan komputer.
Menyebabkan Resiko Kanker
Studi kesehatan di benua Eropa menyebutkan bahwa risiko kanker dipicu oleh salah satu faktor banyak duduk
Menyebabkan Stres
Kebanyakan duduk mengerjakan suatu pekerjaan dan aktivitas tanpa perenggangan otot dan badan mengakibatkan beban ke otak semakin berlebihan. Hal ini menjadi salah satu unsur pemicu stres.
Sakit punggung
Kebiasaan duduk terlalu lama biasanya dialami orang-orang kantoran. Salah satu akibat duduk terlalu lama adalah sakit punggung bagian bawah atau pada bagian tulang belakang secara keseluruhan. Hal itu dikarenakan otot menjadi kaku akibat duduk terlalu lama.
Gangguan fungsi metabolik
Menurut sebuah penelitian, duduk terlalu lama sampai berjam-jam dapat mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh. Efek yang ditimbulkan adalah terjadi penurunan kolesterol dalam tubuh. Ini akan mengakibatkan pada masalah kesehatan secara keseluruhan.
Meningkatnya risiko diabetes
Wanita yang duduk selama 7 jam sehari memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena diabetes tipe 2. Bila kebiasaan ini dilakukan rutin secara terus-menerus setiap hari, maka siap-siap untuk terkena penyakit ini.
Nyeri di leher
Duduk dalam posisi tegak berjam-jam akan menimbulkan rasa nyeri pada bagian leher. Rasa sakit ini disebabkan karena adanya peradangan pada bagian sendi tulang belakang.
Mati muda
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin lama anda duduk, maka semakin pendek pula usia anda. Ini dikarenakan duduk selama berjam-jam akan mengembangkan lemak darah dan juga meningkatkan kadar kolesterol.Risiko yang terjadi adalah anda bisa terkena penyakit kardiovaskular yakni serangan jantung dan juga penyakit lainnya yang dapat menyebabkan kematian.
Kurangilah kegiatan Anda dengan duduk, jangan lupa untuk melakukan perenggangan badan sejenak setelah berlama-lama duduk dan ubah pola aktivitas dan hidup anda menjadi lebih sehat
Namun dari semua kabar buruk tersebut, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar terhindar dari gangguan kesehatan akibat duduk terlalu lama, yaitu :
Minumlah lebih banyak air
Selain minum air sangat baik bagi kesehatan, hal ini akan ‘memaksa’ anda untuk lebih sering berdiri walau hanya sekadar mengambil air. Ini juga memungkinkan anda untuk sering pergi ke toilet.
Berdiri sebentar setiap 30 menit sekali
Berdirilah atau melakukan aktivitas ringan setiap 30 menit sekali untuk merilekskan tubuh anda dari kekakuan.
Gunakan tangga
Daripada menggunakan lift, lebih baik menggunakan tangga sekalian ‘olahraga ringan’. Hal ini dapat membuat tubuh anda lebih bugar.
Gunakan meja yang fleksibel
Jika memungkinkan, gunakan meja yang bisa diatur ketinggiannya, sehingga dapat diubah posisinya untuk digunakan saat duduk ataupun berdiri.
Hampiri rekan kerja anda
Hampiri langsung rekan kerja anda bila ingin menyampaikan sesuatu daripada menggunakan telepon atau pesan singkat seperti SMS maupun BBM.
Duduklah dengan postur yang baik:
menempel ke punggung kursi, punggung kita melengkung ke dalam secara natural, kaki mendatar di lantai, dan kepala tegak menghadap ke depan, dan bila Anda pekerja kantoran, posisikan siku sejajar dengan keyboard komputer.
Semoga informasi dan tips ini bermanfaat untuk anda..
Sumber : Berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mengunjungi Blog saya, jangan lupa Like, Share, dan Komen

Ads Inside Post