Syafabwi: Mandi Malam Mitos atau Fakta ?

Thursday 5 March 2015

Mandi Malam Mitos atau Fakta ?


Pernahkah kalian mendengar atau sempat dimarahi orang tua saat mau Mandi Malam ?? ya saya sendiri pun pernah dimarahi saat mau mandi malam, ya gomana lagi kalaupun tidak mandi badan akan terasa gatal-gatal, gerah (berkeringat), bau tentunya, hehe apalagi yang sudah berkeluarga pastinya akan merasa tidak nyaman kalu pasangan kita tidak mandi, apalagi disaat malam mau tidur, hehe. Sudah tahu kah kalian Beberapa Manfaat mandi Subuh dan Bahaya Mandi dengan menggunakan Air Hangat ??
Bagaimana kalau dilihat dari ilmu kesehatan ?? Bahayakah mandi malam ? atau hanya Mitos belaka ??
mari kita simak.
Mitos: Rematik disebabkan mandi malam hari.
Fakta: SALAH.
  • Sudah bertahun-tahun lamanya masyarakat awam telah menganut paham yang sangat keliru. Selalu takut atau memarahi salah satu anggota keluarga disaat mau mandi malam. Bertanyalah pada setiap orang yang Anda temui dan mereka akan mengangguk setuju bahwa mandi malam hari tidaklah baik untuk tubuh. 
  • Tentunya sebelum bertanya anda pastinya akan merasa malu atau sungkan. ya kata pepatah lama mengatakan Malu bertanya sesat dijalan, hehe Rematik adalah penyakit dimana terjadi peradangan pada persendian, dan terdapat ratusan jenis rematik yang telah ditemukan, salah satu yang tersering adalah Rheumatoid arthritis, jenis lainnya antara lain Systemic Lupus Erythematosus , Ankylosing Spondylitis,dan Goutarthritis. Tentunya yang mengerti Bahasa medis hanya dari tim medis yang tau, Eiiitttss tunggu dulu kalau anda MALU untuk bertanya coba saja anda cari di Google. 
  • Penyakit ini merupakan penyakit autoimun, yang artinya system kekebalan tubuh kita menyerang tubuh kita sendiri, dalam hal ini terutama bagian persendian, sehingga si penderita akan merasakan nyeri pada sendi yang terkena.
    "Mulai sekarang jangan pernah takut untuk mandi Malam, semua itu hanyalah MITOS rematik hanyalah penyakit manula dan orang sudah tua saja." Faktanya? SALAH BESAR.
    Berikut penjelasannya dari berbagai sumber yang pernah saya baca: Cekidot :)
    Benarkah Rematik Hanyalah Penyakit Manula?

Mitos: Rematik adalah penyakit manula.
Fakta: SALAH.
Tidak sedikit orang yang akan mengiyakan pada pendapat bahwa rematik adalah penyakit yang hanya menyerang orang usia lanjut. Pernyataan ini -sekali lagi- keliru.
Sejatinya, sampai detik ini sebab pasti dari penyakit rematik belumlah jelas ditemukan, namun terdapat dugaan bahwa kelainan genetiklah yang menjadi penyebab utama. Rematik menyerang orang yang usianya produktif, yakni antara usia 20 sampai 45 tahun, mungkin Anda terkejut, tapi itulah fakta yang ada.
Penyakit sendi yang menyerang orang lanjut usia biasanya bersifat degeneratif ataupun faktor eksternal lainnya, yang artinya kerusakan karena penuaan, bukan karena proses autoimunitas tadi. Karena menyangkut sistem imun, jelas sekali bahwa masalah utama rematik terdapat di peredarandarah, yang mana tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan air dingin yang mengenai kulit kita pada malam hari.
Gejala Rematik Gejala penyakit rematik bisa Anda lihat dengan adanya:
  • Nyeri
  • Warna kemerahan pada persendian
  • Pembengkakkan pada persendian
  • Terasa hangat pada daerah persendian
  • Menurunnya fungsi yang terkena
  • Sendi terasa kaku pada pagi hari
Semoga Bermanfaat. :D

1 comment:

  1. Saya juga beranggapan itu hanya mitos kalau mandi malam bikin rematik

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mengunjungi Blog saya, jangan lupa Like, Share, dan Komen

Ads Inside Post