Syafabwi: Manfaat Jeruk Purut Untuk kesehatan

Wednesday 1 April 2015

Manfaat Jeruk Purut Untuk kesehatan


Selamat malam menjelang dini hari gaaaiiiiss :). ketemu lagi dengan saya untuk menemani malam sobat dengan penuh keceriaan :) oh ya, apa kabar guys :) semoga malam ini dan besok diberi rizki yang halal dan barokah :) , selalu diberi kebahagiaan :) , Aamiin.
yuuuukkk kita mulai saja pembahasan saya tentang Manfaat Jeruk Purut Untuk Kesehatan :). Kemarin sudah saya jelaskan tentang Perbedaan Jeruk Nipis, Lemon, Purut, dan Jeruk Limau.
Cekidot guys ! :).

Kandungan


Banyak kandungan kimiawi alami yang dimiliki oleh jeruk purut, seperti fortunella, gumarin, hingga beberapa alkaloid seperti panin. Kandungan semua zat ini, membuat jeruk purut cespleng digunakan untuk mengatasi masalah infeksi ringan (antiinfeksi), antiinflamasi ataupun peradangan. Tak hanya itu saja, kulit buah jeruk juga kaya akan kandungan saponin, tanin, steroid triterpenoid dan minyak asiri yang memiliki kandungan sitrat. Sama seperti keluarga jeruk pada umumnya, jeruk purut juga kaya akan kandugan Vitamin C. Dengan kandungan Vitamin C-nya yang sangat tinggi, buah satu ini ampuh untuk menyembuhkan luka. Kadar Vitamin C-nya yang tinggi memang bisa membantu menyembuhkan luka.

Manfaat jeruk purut bagi kesehatan:

1. Menyembuhkan influenza

Caranya potong jeruk purut yang sudah masak dan banyak airnya, lalu peras dan seduh dengan air panas secukupnya. Selagi hangat minum air jeruk purut tersebut. Selain itu, bisa juga dengan menyantap lalapan daun dan buah jeruk purut yang sudah di potong-potong, kandungan minyak astiri dalam daun jeruk purut bisa membantuk memperbaiki metabolisme tubuh.

2. Anti ketombe

Manfaat jeruk purut untuk mengatasi ketombe, caranya belah dua buah jeruk purut masing-masing menjadi 2 bagian, kemudian gosokkan perlahan ke kulit kepala dan diamkan selama 15 menit, selanjutnya bersihkan dengan berkeramas. Sebaiknya saat melakukannya kondisi kepala dalam keadaan bersih atau habis keramas.

3. Mengatasi kulit bersisik

Caranya belah jeruk purut yang sudah tua menjadi 2 bagian, kemudian gosokkan pada bagian kulit yang bersisik atau kering. Sebaiknya lakukan sebelum tidur cukup sekali sehari.

4. Mengatasi kelelahan
Caranya rebus 2 genggam daun jeruk purut yang masih segar dengan 3 liter air sampai mendidih, kemudian campurkan dengan air bersih agar menjadi hangat dan gunakan untuk mandi.

5. Menghaluskan Kulit

Tak hanya manjur menggugah selera makan, kandungan asam sitrit dan pH-nya yang sangat rendah, membuat buah satu ini manjur digunakan untuk mengelupaskan kulit (exfoliating). Dengan kemampuan istimewa ini, jeruk purut mampu membantu proses pengelupasan kulit menjadi lebih merata. Normalnya kulit manusia mengelupas setiap hari. Meskipun mengelupas setiap hari tetapi tidak semua kulit arinya mengelupas dengan rata. Pengelupasan yang tak merata ini membuat kulit jadi kelihatan kusam. Dengan jeruk purut, proses pengelupasan ini dapat dibantu lebih merata. Ibaratnya, jeruk purut ini memperbaiki pengelupasannya secara ringan.
Selain dapat membantu proses pengelupasan kulit, jeruk purut juga mampu menyulap kulit jadi lebih halus. Nah, bagi Anda yang memiliki tipe kulit bersisik dan kering, buah satu ini sangat tepat digunakan sebagai pilihan alternatif untuk menghaluskan kulit.

6. Lulur Jeruk Purut

Dalam dunia kecantikan, jeruk purut kerap diolah menjadi lulur jeruk purut. Untuk diolah menjadi lulur, buah satu ini cukup diambil bagian kulitnya saja. Agar lebih ampuh, kulit jeruk purut ini sebaiknya ditambahkan temu firing sejari dan daun kemuning. Pengolahannya sangat mudah, setengah kulit jeruk purut cukup dicampurkan dengan seperempat temugiring sejari dan daun kemuning.
Selanjutnya, ramuan herbal ini ditumbuk hingga halus dan dipipih (ditekan-tekan). Setelah dipipih, ramuan tersebut dicampur dengan beras adem, yaitu beras yang telah direndam dan diganti airnya berkali-kali. Penggunaan beras adem sebagai bahan campuran lulur jeruk purut ini dimaksudkan agar lulur yang dihasilkan bersifat lengket.Bila sifatnya lengket otomatis lulur jeruk purut ini akan lebih mudah menempel pada kulit.
Untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan, lulur ini sebaiknya diaplikasikan satu kali setiap bulannya. Jika digunakan secara rutin sebulan sekali, lulur jeruk purut mampu menyulap kulit menjadi lebih halus. Tak hanya itu saja, lulur satu ini juga ampuh untuk memperkecil pori-pori kulit.

Cara Mudah Membuat Lulur Jeruk Purut di Rumah

Tak hanya maknyus mengahluskan kulit, jeruk purut pun dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori kulit. Meskipun telah tersedia dalam bentuk kemasan, lulur satu ini juga dapat dibuat sendiri di rumah. Berikut resep mudah membuat jeruk purut di rumah:

Bahan-Bahan:

2 buah jeruk purut matang ukuran kecil
1 lembar daun pandan diiris halus
Air putih secukupnya
Lulur kuning atau lulur putih secukupnya

Pengolahan:


Dua buah jeruk purut masing-masing dibelah menjadi dua bagian. Ambil kulitnya dan campurkan dengan 1 lembar daun pandan yang telah diiris halus. Tambahkan air putih secukupnya dan blender hingga halus. Ramuan jeruk purut yang telah diblender halus dicampurkan dengan lulur kuning ataupun lulur putih secukupnya. Aduk hingga merata diamkan beberapa saat. Lulur jeruk purut siap diaplikasikan ke kulit.

Semoga Bermanfaat. :)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mengunjungi Blog saya, jangan lupa Like, Share, dan Komen

Ads Inside Post