Syafabwi: Bahaya Makanan yang di Panaskan Lagi

Thursday 6 August 2015

Bahaya Makanan yang di Panaskan Lagi

sumber foto google
Hai sobat SB syafabwi, Apa kabar kalian semua ? Semoga saja slalu diberi kebahagiaan dan selalu dalam lindungan-Nya, Aamiin.

Kali ini saya mau corat-coret tentang Makanan yang tidak boleh dipanaskan lagi, Hmmmm bagai mana tidak dipanaskan lagi, Makanan yang sudah kita masak atau yang sudah kita sajikan untuk makan sehari masih ada sisa yang mungkin bisa kita makan besok hari, ya seperti halnya daging ayam, sayur mayur dll. Sebenarnya sih baik niatnya dari pada terbuang sia-sia yang mending kita panaskan lagi untuk menu besok hari, Tapi terkadang kita sendiri tidak sadar kalau beberapa jenis makanan yang sudah kita masak tidak boleh dipanaskan lagi, Mengapa bisa seperti itu? Apa sih alasannya? Penyebabnya adalah makanan-makanan tertentu akan berubah komposisinya setelah dipanaskan ulang. Kandungan nutrisi dan gizinya juga menguap, malah dapat berakibat keracunan. Ini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.
Mau tahu apa saja jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan ? Lihat daftar dibawah ini.

1. Telur
Makanan ini sangat beresiko jiko dipanaskan kembali. Paparan suhu yang tinggi jika mengenai telur berulang kali akan menjadikannya sangat beracun. Terlebih untuk telur yang diolah dengan direbus atau dimasak dalam keadaan bulat yang bagian kuning telurnya tetap utuh di dalam.

2. Sayur bayam
Bayam kaya akan nitrat. Bila dipanaskan berulang-ulang, maka nitrat ini akan berubah menjadi nitrit. Nitrit ini bersifat karsinogenik atau sebagai pemicu kanker. Itulah sebabnya mengapa bayam tidak boleh dipanaskan lagi. Jadi janganlah memanaskan ulang sayuran bayam dan jangan pula mengkonsumsi masakan bayam yang telah lama tersimpan.

3. Seledri
Seperti halnya bayam, seledri juga memiliki kandungan nitrat yang dapat menjadi nitrit jika dihangatkan kembali. Biasanya seledri ini digunakan sebagai pelengkap dalam masakan sup/sop. Nah jika ingin menghangatkan ulang sup, kita bisa menyingkirkan dulu seledrinya.

4. Gorengan
Ternyata gorengan juga termasuk salah satu makanan yang berbahaya bagi kesehatan jika dipanaskan lagi. Alasannya adalah karena akan menyebabkan kalori menjadi terkumpul lebih besar dari minyak pertama yang digunakan menggoreng.

5. Ayam
Hampir mirip dengan jamur, daging ayam akan berubah komposisi proteinnya jika dipanaskan kembali. Bila kita ingin menghangatkannya kembali, cukup gunakan api kecil saja dan jangan lakukan dalam jangka waktu yang terlalu lama. Jika masakan dirasa mulai menghangat, segera padamkan api.

6. Jamur
Kudapan lezat yang berbahan jamur sebaiknya disantap segera setelah diolah. Namun bila dibiarkan lama makan disarankan memakannya dalam kondisi dingin. Tak perlu dihangatkan kembali. Alasannya, jika dipanaskan maka akan muncul perubahan pada
rasa dan kandungan proteinnya. Gizinya pun menjadi hilang dan bisa mengakibatkan beberapa masalah pencernaan.

7. Kentang
Kentang juga tak bagus jika dipanaskan ulang. Kandungan nutrisi dan gizi nya akan menguap jika dihangatkan kembali. Bahkan dapat berpotensi menjadi racun jika dilakukan pemanasan secara berulang-ulang. Makanlah segera setelah kentang masak atau dalam keadaan dinginpun tak masalah.

8. Umbi-ubian
Seperti bayam, ubi juga mengandung nitrat yang menjadi sangat berbahaya dsaat dipanaskan. Sehingga ubi sebaiknya tidak dipanaskan.

Semoga Bermanfaat.

dikutip dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mengunjungi Blog saya, jangan lupa Like, Share, dan Komen

Ads Inside Post