Syafabwi: Bahaya Sakit Hati

Thursday 30 July 2015

Bahaya Sakit Hati


Pernahkah sobat SB syafabwi mengalami Sakit Hati ? Patah Hati ? Hancur Hatinya ? yang dikarenakan putus cinta ? atau tiba-tiba terkena PHP (Pemberi Harapan Palsu) dari seseorang ang kita sayangi ? atau bahkan cinta yang berepuk sebelah tangan ?
Patah hati memang sudah tidak asing lagi di dunia percintaan, dan hampir semua orang pernah mengalami yang namanya patah hati. Tapi tahukah sobat SB semua selain dapat membuat seseorang galau, murung, menyendiri? patah hati juga dapat berdampak negatip pada kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah dampak-damkapnya terhadap tubuh atau fisik kita.

Melemahkan Daya Tahan Tubuh
stress dan depresi yang diakibatkan patah hati bisa mengganggu fungsi sel darah putih yang disebut dengan neutrofil. Neutrofil sendiri fungsinya adalah memerangi bakteri tertentu seperti pneumonia.
Kalau kamu patah hati, neutrofil ini akan kalah melawan bakteri karena aktivitasnya ditekan oleh kadar hormon stres kortisol. Ini sebabnya ketika patah hati dan mengalami kesedihan mendalam, tubuh kamu tiba-tiba mudah terserang penyakit.
Kesehatan Otak
Putus cinta juga bisa mengganggu kesehatan otak, tepatnya pada bagian secondary somatosensory cortex. Di sinilah saraf anggota tubuh terganggu sehingga kamu bisa merasa nyeri otot dan pegal-pegal.
Tidak hanya itu, stress yang kamu rasakan juga bisa membuat otak gagal mengirim sinyal lapar yang membuat malas makan, bobot tubuh berkurang dan terkena magh.

Kesehatan Rambut
Tidak hanya leukemia, ternyata kerontokan rambut juga disebabkan oleh patah hati. Rasa stres dan depresi akibat patah hati bisa menghambat penumbuhan rambut.
Terganggunya Sistem Hormonal
Patah hati bisa membuat kelenjar adrenal dalam sistem hormonal meningkatkan produksi hormon adrenalin dan kortisol dengan tidak terkontrol. Umumnya, kuantitas hormon yang diproduksi setiap orang berbeda.
Dengan meningkatnya stress, maka ketidakseimbangan hormon juga semakin meningkat. Dampaknya sangat buruk, karena bisa meningkatkan tekanan darah dan membuat peredaran darah menjadi tidak lancer. Tidak hanya itu, kesehatan kulit kamu dapat terganggu. Jangan kaget ketika kamu baru putus, muncul bintik-bintik merah atau jerawat pada wajahmu.

Sakit Perut
Stres akibat patah hati bisa membuat produksi asam lambung dalam tubuhmu meningkat. Inilah yang membuat kamu merasa mulas dan terasa sakit pada perut. Selain itu, akibat nafsu makan yang berkurang, kamu bisa terkena sakit magh.

Dampak secara Klinis
Bagi beberapa orang yang lain dampak kekecewaan akan membawa mereka kepada pola makan yang tidak lazim. Untuk menghapus kekecewaannya mereka akan mencari pelarian dengan makan sebanyak-banyaknya sehingga menimbulkan obesitas atau kehilangan nafsu makan sama sekali.
Pola tidur yang terganggu karena otak selalu bekerja memikirkan luka tersebut dan akhirnya membawa masalah baru dalam kehidupan seperti stress dan bisa menanjak kepada depresi akut dimana perasaan sedih, murung, yang disertai perasaan tidak berdaya, tidak berpengharapan dan merasa diri tidak berarti.
Gangguan kecemasan yang berlebihan.
Gangguan kejiwaan yang bisa menyebabkan permanen seperti obsesif/kompulsif, paranoia, berbagai macam gangguan disorder dan lain sebagainya.

Dampak secara rohani
Sulit membangun hubungan/relasi dengan sang pencipta apalagi bila kekecewaan itu muncul akibat pacarnya direbut oleh orang lain. mereka merasa Tuhan tidak adil, tidak mengerti dan lain sebagainya
Menjalani hidup yang salah. Misalnya ada yang menjadi pelacur karena sudah terlalu sering dikecewakan oleh banyak cowok padahal dia sll memberikan apa yang diminta oleh cwok2 yang sudah pernah jadi pacarnya tersebut terutama untuk memuaskan nafsu birahinya, ada yang menjadi pembunuh karena kecewa dengan keadilan yang tidak memihak kepadanya, dan lain sebagainya.

Hal yang harus dilakukan saat Sakit Hati

Shalat lah
Bagi kaum muslim shalat (ibadah) adalah jalan keluar atau obat yang paling ampuh untuk mengobati segala macam penyakit, salah satunya saat kita sedang patah hati, dengan shalat (ibadah) insyaAllah hati dan fikiran kita jadi adem ayem (tenang).

MENANGISLAH!
Bagi kaum wanita menangis adalah jalan satu-satunya untuk menunjukkan kesedihannya, Bila anda tidak dapat nangis, sewa film English Patient agar air mata mengalir deras.

CERITAKAN KESEDIHAN KAMU
pada sahabat atau keluarga. Bila anda katakan tidak ada seseorang juga yang mengerti situasinya, anda salah besar. Kita seluruhnya pernah alami trauma putus cinta, jadi kita seluruhnya tahu serta mau melupakannya. Namun janganlah muntahkan perasaanmu pada kebanyakan orang yang anda jumpai. Asal tahu saja, beberapa orang kerap tak perduli dengan perasaan orang lain.

MULAILAH UNTUK MEMBACA BUKU
Susahnya bila kehilangan kekasih yaitu hilangnya seorang untuk dirangkul. Membaca buku berkualitas saat sebelum tidur, nyatanya adalah langkah lebih ampuh.

GANTI PARFUM KAMU
Anda tidak membutuhkan lagi bau-bauan yang umumnya mengingatkan kembali pada hari-hari yang indah bersamanya.

HABISKAN WAKTU BERSAMA TEMAN-TAMAN
Nikmatilah bergaul semacam masa-masa ABG dahulu. Belief it, anda akan ngerasa lebih tenang sesudah mendengat narasi sedih yang pun dihadapi rekan-rekan.

BERPIKIRLAH SECARA MATANG
Optimis diri anda bila peristiwa itu memanglah mesti berlangsung. Yakin pada kekuatan diri sendiri, tersebut langkah untuk mengobati perasaan. Luapan keceriaan tak mesti senantiasa selesai di pelaminan. Putus cinta memanglah menyakitkan, namun tak separah perceraian.

DENGARKAN
bila rekan-rekan baik memaparkan kekurangan-kekurangan bekas anda serta menolong anda untuk melihat dia lebih realistis. Namun janganlah lanjutkan perbincangan yang berbentuk ‘penuh kebencian’.

GANTILAH
beberapa barang ditempat tinggal anda yang mengingatkan anda padanya. Bila tinggal berdekatan pindahlah sesaat saat bila butuh. Singkirkan foto-fotonya. Berhenti dengarkan lagu-lagu yang pernah kamu sukai. Buat situasi baru dengan beli CD baru yang tidak ada hubungan dengan masa lalu saat lantas.

GUNAKAN SEMUA KEKUATAN KAMU
untuk menjaga keputusanmu. Hati anda mungkin saja hancur lebur, namun pada akhirnya apa yang terlihat semacam kemampuan dari luar bakal jadi jalan keluar untuk pengobatan didalam diri anda.

LAWAN RASA TAKUT
Putus dengan cara mendadak semacam dipaksa merubah rutinitas dengan mendadak. Agar tidak takut menghadapinya sadari saja anda memperoleh pengalaman baru disebabkan pergantian itu, yakni pematangan emosi yang nyatanya dapat memperkuat watak.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mengunjungi Blog saya, jangan lupa Like, Share, dan Komen

Ads Inside Post