Syafabwi: Bahaya Soda untuk Kesehatan

Thursday 27 August 2015

Bahaya Soda untuk Kesehatan


Sobat SB syafabwi suka minum soda ? Hmmmm tentunya sangat segar bila dikonsumsi saat cuaca sedang panas, Apa lagi kalau dicampur dengan es batu atau dicampur dengan susu. Tahu gak soda itu kandungan gulanya yang sangat tinggi ? waspada deh yang punya riwayat keluarganya terkena DM (Diabetes Militus) dan yang Obesitas (kegemukan). Tapi apakah kalian sobat SB tahu efek buruknya bagi kesehatan minum soda secara berlebihan ?

Efek buruk bagi kesehatan

1. Gangguan Metabolisme dan Obesitas
Hal tersebut dikarenakan pemanis buatan yang digunakan dapat mengganggu regulasi asupan gula dalam tubuh sehingga justru memicu makan berlebihan. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 lalu di University of Minnesota mengungkap, cukup satu kaleng saja soda sudah bisa menyebabkan gangguan terhadap sistem metabolisme tubuh dengan meningkatkan risiko sindrom metabolik hingga lebih dari 30 persen.

2. Gangguan Reproduksi
Resiko yang mengintai para penggemar minuman bersoda juga berasal dari kaleng yang menjadi wadah dari minuman bersoda itu.

Penting untuk diketahui, kaleng minuman bersoda menggunakan senyawa Bisphenol A (BPA) sebagai pelapisnya. Selama ini, banyak yang meyakini senyawa ini berkaitan langsung dengan hormone endokrin yang berkaitan langsung dengan sistem reproduksi.


3. Ganggua pembuluh darah dan Gangguan Jantung

Tak hanya ginjal, orang-orang yang rutin mengonsumsi soda pun memiliki kans yang lebih besar untuk mengalami gangguan jantung ketimbang mereka yang tidak. Setidaknya inilah yang terungkap dari studi yang dilakukan seorang peneliti dari Miami, Hanah Gardener, PhD.

Studi itu mengungkap, soda yang dikonsumsi setiap hari akan meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung hingga 48 persen.

4. Kerusakan Gigi
Soda diketahui memiliki kadar pH sebesar 3,2— dengan kata lain mengindikasikan keasaman yang tinggi dari minuman ini.
Asam yang tinggi tidak baik untuk gigi, terutama bagi enamel gigi. Karenanya, mereka yang rutin mengkonsumsi soda lebih rentan mengalami kerusakan gigi.

5. Kerusakan Ginjal
Hasil penelitian terbaru menunjukkan, terdapat kaitan yang signifikan antara minum soda dengan kerusakan ginjal. Seseorang yang diketahui rutin minum soda setiap hari selama beberapa tahun diketahui memiliki risiko 6,45 kali lebih besar untuk mengalami kerusakan ginjal dibanding mereka yang tidak.

Tak hanya itu, hasil penelitian yang dilakukan di Osaka University juga mengungkap, konsumsi setidaknya dua kaleng soda perhari akan menurunkan fungsi filter pada ginjal yang ditandai dengan adanya protein dalam urin.


Jadi, Sobat SB sekalian masih mau minum soda secara berlebih ?
NB : Segala sesuatu yang berlebih itu sangan tidak baik untuk kesehatan, Apa lagi kalau berlebihan dengan Berbohong, Bisa merugikan diri sendiri dan orang lain looohhhhhh.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mengunjungi Blog saya, jangan lupa Like, Share, dan Komen

Ads Inside Post