Syafabwi: Berhijab, Berjilbab, atau Berkerudung

Sunday 30 August 2015

Berhijab, Berjilbab, atau Berkerudung

Foto dari google

Hai sobat SB syafabwi kusus untuk kaum hawa, Apakah kalian Berhijab ?, Berjilbab ?, atau Berkerudung ?
Dalam hal ini mungkin masih banyak sobat SB yang menyalah gunakan arti sesungguhnya dalam hal menutup auratnya. Tidak jarang kita temui seorang wanita berhijab atau berjilbab dan atau berkerudung tapi masih menggunakan pakaian yang sangat super ketat, Sampai-sampai lekukan tubuhnya masih saja terlihat. Misalnya pakai jilbab, hijab, atau kerudung dengan menggunakan celana pensil, berjilbab tapi bentuk dadanya sangat menonjol dll. Kalaupun masih belum siap menggunakan Hijab, Jilbab, atau Kerudung ya lebih baik jangan menggunakannya dulu, dari pada nanti kena omongan yang tidak enak, atau mungkin hanya mencari sensasi semata ?


Berikut perbedaan Hijab, Jilbab, Kerudung

Hijab
Hijab merupakan penghalang atau penutup aurat bagi wanita muslim yang mana hijab tersebut tidak menampakan bentuk tubuh seorang wanita,wanita berhijab udah pasti berjilbab dan berkerudung.

Jilbab
Jilbab merupakan tutup kepala bagi perempuan yang hanya menutupi bagian rambut sampai leher saja.inilah yang menjadi banyak fenomena sekarang sekarang terjadi.yang mana banyak saudari kita tak memperdulikan apa arti suatu kehormatan bagi seorang wanita,kepala ditutup tapi bentuk tubuh diperlihat kan.

Kerudung
Kerudung merupakan tutup kepala bagi wanita, wanita berkerudung pasti tidak berhijab.dan banyak juga kok orang orang non muslim yang memakai kerudung.

Benarlah apa kata RASSULULLAH SAW sesungguhnya nanti di akhir jaman banyak para wanita yang berpakaian tetapi sesungguhnya mereka bertelanjang. Wallahu'alam.

Beberapa contoh yang salah

1. Bentuk dada yang menonjol
Diwajibkannya memakai jilbab bagi Muslimah dengan tujuan agar menutupi kulit serta lekuk tubuh yang menggoda para kaum adam. Namun yang terjadi saat ini, muslimah seakan-akan mengacuhkan ketentuan berjilbab tersebut. Mereka pada dasarnya memang berjilbab, namun tidak sesuai dengan aturannya karena lekuk tubuh mereka masih sangat nampak. Bahkan sebagian dari muslimah tersebut berjilbab hanya untuk menonjolkan lekuk tubuh mereka. Hal seperti inilah yang menambah dosa mereka.

 Foto dari google

2. Pakai celana sangat ketat
Celana jeans dan kaos lengan panjang pada dasarnya pakaian yang biasa dipakai oleh laki-laki. Namun, muslimah saat ini seakan tidak tahu dengan hal tersebut. Walaupun mereka memakai kerudung, namun kerudung yang mereka pakai tidak menutupi lekuk tubuh seperti dada dan punggungnya, terlebih lagi dipadu dengan pakaian kaos lengan panjang serta celana jeans, akhirnya tubuh mereka yang harusnya tertutup dan tidak nampak lekukannya, malah semakin menonjol kemana-mana.

Model yang demikian itu tidak boleh dirpaktekkan oleh para muslimah. Karena gaya seperti ini merupakan sumber dosa bagi para muslimah. Sebagaimana yang tertera dalam Al-Qur’an surat An Nuur ayat 31.

" Artinya sebagai berikut. Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung. "

  Foto dari google

3. Jilbab dengan bahan tipis bahkan transparan
Memakai jilbab dengan bahan tipis alias transparan memang terlihat modis. Dan bahan ini sangat cocok bagi para muslimah yang berada di daerah yang panas. Namun, jilbab dengan bahan inilah yang justru membuat dosa dan tidak diperbolehkan oleh agama. Rosulullah SAW menyebut hal seperti ini dengan sebutan “berpakaian tapi tellaanjangg”.

 Foto dari google

Sudah sepatutnya kita sebagai seorang muslim untuk mengetahui hukum-hukum dalam hal berhijab, Setidaknya kita bisa mengingatkan teman, sodara, sahabat atau orang tua kita sendiri bagaimana cara berhijab yang benar itu. ya kalaupun masih tidak bisa di ingatkan ya mau gimana lagi ? Kita kembalikan saja kepribadi masing-masing.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mengunjungi Blog saya, jangan lupa Like, Share, dan Komen

Ads Inside Post